PENCARIAN BIBIT GENDIS SEWU SD TA’MIRIYAH BERSAMA DISPUSIP KOTA SURABAYA

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin.. Tahun ini SD Ta’miriyah dapat bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya (Dispusip) dalam program Gendis Sewu. Program ini bertujuan untuk mencari 1000 bibit penulis dan pendongeng. Ada 10 siswa bibit penulis, yaitu Muhammad Maulana, Alya Afiqah, Alya Calista, Elsya Syarifah, Cheryl Husna, Athalariq R. Gibran, Dinar Zhakila, Syafira Adelia, Nabil Haidar dan Aisyah Dizzy. Siswa yang terpilih sebagai bibit pendongeng juga ada 10 siswa, yaitu Rafi M. Aditya, Fahriza Qorin, Novelia Aisyah, Jihan Kirana, Athar Khalifa, Dewi Maisyaroh, Andi Almira, Aydin Haroun, Maharani Elmira dan Nadhifa Khayla.

Seluruh siswa yang terpilih menjadi bibit Gendis Sewu mengikuti pelatihan menulis dan mendongeng yang diadakan pada tanggal 17 – 20 Mei 2022. Selama 4 hari mereka dibekali cara menulis ataupun mendongeng yang baik dan melahirkan sebuah karya. Siswa siswi mengikuti kegiatan dengan senang. “Seru ust acaranya, aku diajari dongeng terus dapet teman baru”, ujar Rafi, salah satu peserta kelas mendongeng.

Sumber : dok. Dispusip Surabaya-TBM Krembangan

Tidak hanya siswa saja yang senang namun orang tua juga. “Senang ust, anak-anak jadi ada kegiatan. Kalo bisa tidak hanya sekali aja tapi nanti ada lagi karena kegiatan ini sangat bermanfaat”, ujar salah satu wali murid. Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat untuk siswa karena dapat menambah kemampuan literasi dan rasa percaya diri.

Setelah proses editing karya selesai, pihak Dispusip mengadakan acara untuk penyerahan karya dan sertifikat kepada anak-anak. Acara dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2022 pukul 7.00 hingga 8.30 di lapangan SD Ta’miriyah. Acara ini tidak hanya penyerahan karya saja namun ada penampilan dari perwakilan pendongeng dan penulis terbaik. Rafi dan Athar berkesempatan untuk mendongeng serta Alya Afiqah menceritakan bagaimana dia menghasilkan sebuah cerpen berjudul “Si Cantik dari Gedung Sebelah”.

Acara penyerahan ini tidak hanya dihadiri oleh bibit Gendis Sewu namun seluruh siswa kelas 4 sampai 6. Dimulai dengan ice breaking, kemudian dilanjutkan dengan games tebak cerita rakyat dan fabel. Siswa siswi antusias untuk menjawab pertanyaan dan dari sini terlihat ada beberapa cerita rakyat yang tidak diketahui siswa, misalnya cerita Ande-Ande Lumut.

Sumber : dok. Dispusip Surabaya-TBM Krembangan

Semoga ada bibit Gendis Sewu SD Ta’miriyah lainnya di masa datang dan siswa siswi menjadi generasi yang memiliki jiwa literasi. Kami berharap kerja sama antara SD Ta’miriyah dan Dispusip Surabaya-TBM Krembangan tetap terjalin untuk mengadakan kegiatan literasi lainnya. (ycs/lib)

Tags: No tags

29 Responses

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *